Jumat, Desember 19, 2008

Wee.. Mahalnya Pencegahan...

Tulisan ini sebenarnya berhubungan dengan keluhan dan ketakutan kalo aku punya gejala kanker serviks yang membawa aku ke dokter obsgyn untuk PapSmear, nggak perlu dibahas lebih lanjut lah yaw....

Alhamdulillah ternyata hasil Papsmear masih normal, pengobatan pun udah dituntaskan dengan hasil baik. Emang sih, kalo udah menikah (baca: berhubungan seks) wajib Papsmear 2 atau 3 tahun sekali. Kalo ada gangguan, malah harus terus di observasi. Alhamdulillah, cerita-cerita nggak nyaman soal per-papsmear-an ini ga kejadian ama aku..

Dokterku CANGGIH.. Cuman... emang ada rada berasa mules dikiiiit, kayak pas pasang IUD gitu lah. Tapi blasss nggak sakit. Masih bisa ditoleransi ama aku yang rada ga tahan sakit :-p

Nah, di saat aku ngambil hasil papsmear dan berkonsultasi soal hasilnya itu. Aku sempet nanya soal Vaksin untuk tindakan preventif terhadap Kanker Serviks. Kata dokter Obsgyn-ku, vaksin ini emang buat pencegahan tapi nggak akan memproteksi 100% terhadap kemungkinan terserang kanker serviks, tapi paling enggak kalopun kena (amit-amit) nggak seberat yang nggak divaksin.

Hmm.. menarik...

Trus aku nanya dong, bagaimana prosedur vaksinasi ini. FYI, ada 2 merek vaksin yang terkenal / umum GARDASIL dan CERVARIX.

Semuanya MAHAL, diatas 1 juta. Kalo yang beliau resepin ke aku adalah GARDASIL. Satu kali shot berinvestasi menjaga kesehatan dengan vaksin ini harus ngerogoh kantong........... Rp. 1.4juta!!!

Dan vaksin ini nggak bisa cuman 1 kali shot doang, harus 3 kali dengan jadual sbb:

Suntikan pertama, Suntikan kedua 2 bulan kemudian, dan suntikan terakhir 6 bulan kemudian (mirip ama jadual imunisasi Hepatitis anak gw yak?)

Total invest: sekitar Rp. 4.5 Juta, diluar biaya dokter dan biaya RS.

Hmmmm...... Aku berniat sih... Jadi Bu Dokter ngasih aku resep yang bisa ditebus sebelum vaksinasi. Dan harus dengan perjanjian!

Kapan? Hmm... nggak tauuu... :-(

*asuransi kaga cover yang ginian siihh.. sebel*

Tidak ada komentar: