Kamis, September 23, 2010

Ikan 'Dory' Yang Bukan Dory

Selamat Malam Ibuk, Bapak semua...

ini sebetulnya lanjutan dari celotehan saya di twitter @mamakokihandal.

Jadi pagi tadi, tiba-tiba tercetus soal Ikan Dori yang di Indonesia hadir dalam keadaan beku. Ikan tersebut adalah ikan impor dari negara Vietnam. Harganya juga mahal, perkilo beku antara 38ribu-53ribu dimana berat tuntas setelah es mencair bervariasi jd cuman 50-70% dari berat bekunya aja.. yeuk... (-_-)

Saya lumayan sering beli karena anak saya doyan dengan teksturnya yang lembut dan rasa ikan yang gurih dan agak sedikit manis. Dannn.. saya PIKIR itu adalah ikan John Dory yang konon emang terkenal enak dan mahal.

Setelah nemu link ini : http://bit.ly/aU65QV saya langsung mangap, kaget.

Ternyata si 'Dori' ini bukan John Dory yang beneran, tapi hanya sejenis spesies PATIN (Pangasius sp.) yang dibudidayakan di Vietnam (Pangasius hypopopthalmus).

Saya ngerasa bodo seketika, ngapain saya bayar mahal buat spesies ikan yang ternyata ada spesies lokal-nya di sini?! Di kemasannya ternyata emang tulisannya Dory "Pangasius hypopopthalmus" (-_-)

Kalo aja mereka bilang itu "PATIN Vietnam" ya ga bakalan saya beli. Ngapain beli barang impor wong lokalnya ada (dan lebih segar).

Yaaa....emang sih, kalo menurut wikipedia, si patin vietnam ini juga disebut
sebagai Cream Dory. Tapi tetep bukan Dory yang sebetulnya.

ini ikan patin 'dori' http://en.wikipedia.org/wiki/Pangasius dan ini ikan dori
yg asli http://en.wikipedia.org/wiki/John_dory

Ngapain juga ya selama ini saya bayar mahal buat produk impor yang ternyata ada lokalnya? Bener-bener keterlaluan, ngasih nama Ikan Dori, tapi bawahnya nama latin si Patin Vietnam -_- ketipuuuuuuu....

So, it is better NOT to waste your money for some stupid imported fish yang ngaku2 bernama Dory itu. Itu ikan PATIN. Ada versi lokal dan murah meriah-nya di tukang sayur deket rumah. Memang yang di Indonesia sepertinya beda spesiesnya dengan yang di vietnam. Yang pasti, si patin ini satu angkatan lah sama lele *sama kan teksturnya*

Trus kenapa ok patin indonesia rasanya beda dengan patin vietnam? Karena yang di vietnam itu dibudidayakan dengan baik, terorganisir. Buktinya? orientasinya emang dagang, bisa sampe diimpor sama INDONESIA.

Aduuuuuuhhhhh.. kesian bener to petani dan peternak Indonesia. Pemerintahnya ngurusin perutnya sendiri-sendiri sih. Ngapain juga buka keran impor ikan yang ADA di negara sendiri? bukannya dibudidayain aja sendiri. *eh kok sampe sini curhatnya?*

ih sebel...

cuma share aja...


Salam,

depezahrial

http:///mamakukokihandal.com/
http://mpasirumahan.com/

Tidak ada komentar: